SEJARAH SMP NEGERI 6 PURWAKARTA

SMPN 6 awalnya bernama SMP Purnawarman, Vilial dari SMPN 1 Purwakarta. Pada tahun 1990, SMPN 6 ini sudah memiliki 7 ruang belajar, Kls 1 = 3 ruang belajar, Kls 2 = 2 ruang belajar, Kls 3 = 2 ruang belajar. Mereka belajar digedung SMP. Awalnya SMPN 6 dibangun hanya 2 ruang kelas, swadaya masyarakat, diatas tanah 6 rb m² di Cigedogan, setelah itu dapat lagi ruang RKB 2 ruang. Pada 11 Maret 1991 siswa SMPN 6 menepati lokasi baru 4 ruang kelas, ruang guru dan kepala sekolah. Kepala sekolah definitif yang pertama : Drs.Endang Rasmadinata.

Pada saat pindah kelokasi baru ini, setiap siswa memotong bangkunya masing-masing secara gotong royong karena jalan yang menuju SMPN 6 hanya jaln setapak, licin, tnah merah, karena ruang kelas tidak cukup, maka tidak semua siswa SMPN 6 diboyong ke lokasi baru. Hanya siswa kelas I yang diajak pindah, yang lain tetap di SMPN 1 Purwakarta, dan akhirnya jadi siswa             SMPN 1.

Barulah pada Oktober 1990, dianggkat Pak Drs.Endang Rasmadinata sebagai Kepala Sekolah SMPN 6. Ruang Kepala Sekolah waktu itu di sediakan oleh SMPN 1, mirip gudang dekat kantin hanya ada 1 meja kepala sekolah.

Guru pertama yang diangkat tahun 1987 : Drs. Aceng Kuswaya, Moch Erin Supiadi, dan Siti Komariah, SK mereka adalah SMP Purnawarman Tahun 1990, dikirimlah lagi 3 orang guru : Rikrik H, Widiastuti, dan Dede Herawati. Di SK ini sudah tertulis SMPN 6 Purwakarta tapi gedungnya belum ada, waktu itu kepala sekolahnya Almarhum Pak Didi kepala SMPN 1 Purwakarta, dengan Wakilnya Pak Asep Juharta.